Pendahuluan

Saat ini kita hidup di zaman yg serba digital dan penuh dengan berbagai pilihan aplikasi di smartphone kita. Hampir setiap orang memiliki smartphone, bahkan tak jarang satu orang bisa memiliki lebih dari satu smartphone karena memang sudah menjadi tuntutan hidup di era milenial saat ini. Mau pesan makanan tanpa repot, mau belanja berbagai kebutuhan, mau bepergian tanpa harus capek-capek mengemudi dan mencari tempat parkir atau pun mau traveling, saat ini sudah sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi di smartphone kita. 

Begitu juga dengan dunia transportasi, saat ini juga tidak mau kalah mengikuti perkembangan teknologi dengan hadirnya transportasi online baik roda dua (ojek) maupun roda empat (taxi online).

Ada beberapa pemain teknologi daring baik yang berasal dari dalam negeri maupun aplikasi transportasi online dari luar negeri. Sebut saja gojek, merupakan aplikasi berbasis online yang merupakan kebanggan masyarakat Indonesia. Layanan gojek meliputi ojek online, taxi online, jasa pengantaran barang, jasa pembersihan rumah bahkan jasa pijat (massage) yang tergabung menjadi satu aplikasi yang praktis. Untuk teknologi yang berasal dari luar negeri contohnya Grab (Malaysia), Uber (San Francisco, USA) dan Maxim (aplikasi dari Russia). Di berbagai negara pun sudah berkembang jenis transportasi online yang lain, misal Ola (India), Didi (China) dan lain-lain.

Taksi online memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan angkutan umum yang sudah ada saat ini diantaranya:

•Praktis dan transparan
Di masa lalu jika kita ingin order taksi kita harus menghubungi armada taksi dan menunggu taksi datang, kadang bisa datang cepat tapi tak jarang mereka lama datangnya. Saat ini sudah tak perlu repot lagi karena dengan menggunakan aplikasi kita dapat langsung melakukan pemesanan dan hanya beberapa menit taksi online pesanan kita akan datang dan siap mengantar kita ke tujuan. Tarif yang harus kita bayar pun sudah jelas tertera di aplikasi penumpang sehingga sangat transparan. Penumpang tidak perlu khawatir kena charge yang mahal ataupun takut dengan sengaja diputer-puterin oleh drivernya. Setiap driver memiliki target trip yang harus dicapai untuk mendapatkan bonus di hari itu sehingga mereka berusaha secepat mungkin untuk mengantarkan penumpangnya. 

•Tarif lebih murah
Tarif transportasi online bisa lebih murah karena perhitungan tarif dihitung berdasarkan jarak tempuh, terutama untuk jarak dekat bisa dipastikan tarif lebih murah dari taksi konvensional. Taksi online praktis dan tidak ada charge untuk sekali buka pintu. Mereka juga sering memberikan promo diskon dan reward sehingga penumpang akan merasa diuntungkan dengan tarif yang terjangkau tersebut.

•Lebih terpercaya
Untuk menjadi driver taxi online ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon driver diantaranya adalah identitas diri yang jelas (KTP) dan Surat Keterangan Baik (SKCK) dari kepolisian. Seluruh data pengemudi online terdaftar di perusahaan dan memiliki atribut yang jelas. Para penumpang pun bisa memberikan komentar dan rating kepuasan terhadap pengemudinya. Saat ada masalah ataupun barang tertinggal penumpang bisa melacak dengan mudah terhadap pengemudinya. Dengan adanya sistem rating tersebut pengemudi akan lebih berhati-hati dan berusaha untuk meminimalisir kesalahan dan memberikan pelayanan maksimal untuk penumpangnya.

Selain keuntungan buat para penumpang, aplikasi tersebut juga memberikan beberapa keuntungan untuk para pengemudi diantaranya :

• Penghasilan yang cukup tinggi per bulan 

• Waktu kerja yang fleksibel

• Adanya asuransi jiwa untuk driver jika terjadi kecelakaan.

Saat pertama bergabung menjadi pengemudi taxi online, penulis memang hanya sekedar ingin mencoba saja. Tetapi ternyata saat itu bisa memberikan penghasilan yang lumayan meski untuk mendapatkan bonus yang maksimal kita harus serius menjalani profesi kita. Kadang saya berangkat pagi-pagi setelah subuh, siangnya pulang untuk makan dan tidur siang. Setelah itu saya lanjut sore harinya sampai tutup poin untuk mendapatkan bonus harian kadang bisa selesai sampai malam. Yang paling penting adalah keiklasan dalam menjalani setiap pekerjaan kita. Hal yang cukup menyenangkan dan berharga buat saya adalah selalu bisa ketemu dengan orang baru setiap saat sehingga bisa memberikan pengalaman yang berwarna buat saya. 

Pengalaman yang unik, menyenangkan, menakjubkan, mendebarkan, menyedihkan dan terkadang menyebalkan bisa kita dapatkan dari penumpang-penumpang kita.
Melalui catatan harian ini saya ingin membagikan beberapa pengalaman tersebut kepada anda. Pada intinya kami sebagai driver sangat berharap kehadiran taxi online bisa memberikan keuntungan dan kemudahan kepada penumpang dan bisa menambah pilihan moda transportasi yang sudah ada saat ini.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi KDRT di Mobil Saya

Do Yo Want Some Bintang?

Penumpang dari Manakah yang paling Royal Tip?